RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP II)
(RPP II)
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XI
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
A. Standart
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
2. Berkomunikasi
dengan bahasa inggris setara Level Elementry
2.1. Memahami
percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks professional maupun pribadi
dengan orang bukan penutur asli.
B. Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Membuat pertanyaan dengan
pola Question Word dalam konteks kegiatan sehari-hari dengan kreatif dan
bersungguh-sungguh.
-
Menjawab pertanyaan dengan pola
Question Word dalam konteks kegiatan sehari-hari di pergerakan dengan teliti
dan mandiri.
-
Membuat berbagai bentuk dan
ungkapan yang di gunakan dengan tepat untuk membicarakan kegemaran/hobi dan
monat dengan kreatif dan percaya diri.
C. Materi
Pembelajaran
Informative
Questions/WN – Questions
a.
Who
Who is used in
questions as the subject of the verb, usually the people.
Examples : Who is the man in the green hat?
Who are you going to visit?
b.
What
What is in
questions to ask about things or activities;
Examples : What are you doing?
What are you reading?
What does she do on weekend?
What is that?
Other types of "what" question:
1.
What kind of type of
It is used to ask about specific things or characteristics
Examples : What
kind of food do you like?
What
type of car do you drive?
2.
What time
It is used to ask for a specific time
Examples : What
was the weather like?
What
time does the movie begin?
3.
What .... Like
It is used to ask about characteristics of something or somebody.
Examples : What
was the weather like?
What
is Lola like?
c.
Where
Where is used to
ask about places.
Examples
: Where do you live?
Where did you go on your
holiday?
d.
When
When is used for
asking about a general or specific time
Examples
: When did you come?
When does the rain leave?
e.
Why
Why is used for
asking about reasons
Examples
: Why are you late?
Why are they leaving?
f.
Which
Which is used to
ask about things, especially choices with a small number of possible answers.
Examples
: Which book do you like?
Which CD album did you buy?
g.
How
How is used to
ask in what why?
Examples
: How will shi get there
How do you solve the
problem?
How is combined
with many words to asks questions about specific characteristics, qualities,
quantities, etc.
Examples
: How much does the skirt cost?
How often do you go to the
library?
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui percakapan, siswa
dapat membuat pertanyaan dengan pola questions words dalam konteks kegiatan
sehari-hari dan di peragakan dengan benar.
2.
Melalui percakapan siswa
dapat menjawab pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan
sehari-hari dan diperagakan dengan benar.
3.
melalui percakapan dan
diskusi kelompok, siswa dapat membuat berbagai bentuk dan ungkapan yang di
gunakan dengan tepat untuk membicarakan kegemaran/hobi dan minat dengan benar.
E. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Ceramah
2. Metode :
Diskusi Kelompok
F. Sumber,
Alat clan Bahan Pembelajaran
-
Buku 2 Get Along with
English for Vocational School Grade XI Elementary Level
-
Practical English Usage
-
Global Access to the World of Work
-
Person to Person
-
English for SMK
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (Pendahuluan)
-
Mengucapkan salam dengan
ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas;
-
Berdoa sebelum membuka
pelajaran;
-
Memeriksa kehadiran siswa;
-
Mendoakan siswa yang tidak
hadir karena sakit atau karena halangan lainnya;
-
Memastikan bahwa setiap
siswa datang tepat waktu;
-
Menegur siswa yang
terlambat dengan sopan;
-
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
-
Mempersiapkan cakupan
materi ajaran, model, alat peraga;
-
Menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
-
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan
2. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan kepada
siswa tentang WN – question
-
Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dengan rasa ingin tahu dan bersungguh-sungguh.
-
Guru menjelaskan tentang
isi percakapan yang telah diberikan kepada siswa.
-
Guru memberikan soal
sebagai latihan kepada siswa.
-
Peserta didik mengerjakan
soal tersebut dengan teliti dan mandiri.
-
Guru membimbing peserta
didik dalam pembentukan kelompok.
-
Peserta didik memperhatikan
instruksi yang diberikan oleh guru dan mengerjakannya dengan disiplin dan
bersungguh-sungguh.
Elaborasi
-
Siswa mendemonstrasikan
hasil diskusi kelompok mereka ke depan kelas dengan kreatif dan percaya diri.
-
Guru membimbing kelompok
siswa yang mengalami kesulitan dalam mempresentasikan hasil diskusi mereka.
Konfirmasi
-
Guru memberikan penilaian,
penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi.
-
Guru memberikan pujian dan
penghargaan bagi para siswa yang berhasil dengan baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
3. Kegiatan
Akhir (Penutup)
-
Students make the report of
their discussion;
-
The teacher concludes the
lesson then giving questions to some of the students at random;
-
The teacher give them an
assignment;
-
The teacher tells them of
the next meeting lesson;
-
At the end of this part, he
suggests the student to keep studying hard.
Penilaian
·
Tes lisan
-
Dialog berpasangan
·
Tes tertulis
-
Melengkapi kalimat
-
Pilihan ganda
-
Membuat paragraph pendek
Contoh soal :
1.
Waiter : ……..do you like, milk or tea?
Guest : milk, please
2.
Wahyu : ……..is
my bag?
Bayu : in your locker
3.
Ratih : ……..was Angga absent yesterday?
Rafi : He
was absent because he had a cold
4.
Vaent : ……..long
have you lived in Bandung?
Rico : for
two years
5.
Ringga : came
to your house last night?
Andi : Mr. Edy Subagio
Penilaian Sikap
Personal
Kriteria Penilaian :
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
Memuaskan
|
4
|
Baik
|
3
|
Cukup
|
2
|
Kurang
|
1
|
REKAPITULASI NILAI
Nilai :
Jumlah Skor : Aspek Penilaian
Untuk siswa
yang nilainya masih di bawah KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah
melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN.
Mengetahui, ...............,........................2012
Dosen Pembimbing
/ Doping Guru
Pembimbing / Pamong