Dec 1, 2012

Jenis - Jenis / Type Kepemimpinan



1.      Kepemimpinan Situasional
Dalam jenis kepemimpinan ini dipercayakan bahwa faktor yang paling utama untuk menentukan gaya kepemimpinan adalah situasinya. Pemimpin maupun pengikutnya menyesuaikan diri dengan situasi, juga terdapat sekedar penyesuaian diri oleh pengikut dengan pemimpinnya.

2.      Kepemimpinan Prilaku Pribadi
Sebagai yang ditunjukkan oleh namanya prilaku pemimpin itu diberi penekanan dalam jenis kepemimpinan itu sendiri. Penekanan dalam jenis kepemimpinan ini "Personal behavior leader" adalah orang yang lues menggunakan dalam setiap keadaan tindakan yang dianggap tepat dalam selalu mengingat kemampuan-kemampuannya, banyaknya pengawasan yang diperlukan. Pemimpin prilaku pribadi itu dapat sangat otoritas dan bahkan aristokratis.

3.      Work Centered atau Worker – centered leadership
Kepemimpinan terpusat pada pekerjaan atau pekerjaannya. Jenis kepemimpinan ini sangat erat hubungannya dengan situasional tipe yang sudah dibicarakan terlebih dahulu. Orang yang berbeda menanggapi dengan cam yang berbeda pula atau jenis kepemimpinan yang berbeda, karena kepemimpinan yang terbit dan banyak kekuasaan yang berakhir dan berinteraksi secara serentak, maka penekanannya dapat diarahkan pada :
1.      Pekerjaan yang dilakukan
2.      Orang yang melakukan pekerjaan Ini menyebabkan timbulnya gaya Work Centered

4.      Personal leadership kepemimpinan pribadi
Motivasi dan petunjuk diberikan dengan kontak pribadi dengan pribadi, terdapat suatu hubungan yang dekat antara pemimpin dan setiap anggota kelompok. Kepribadian-kepribadian dan iklim informal mencirikan situasi kalau kepemimpinan pribadi yang diikuti.

5.      Kepempimpinan Demokrasi
Jenis ini memberikan penekanannya pada partisipasi dan penggunaan pikiran-pikiran oleh anggota-anggota kelompok yang karena itu harus diberi penerangan yang baik mengenai pokok-pokok yang dibahas.

Ad.5.     Bagi badan yang bergerak dibidang industri maka sarana manajemen penting lainnya adalah market atau pasar, tanpa adanya pasar bagi hasil produksi jelas tujuan perusahaan industri tidak mungkin tercapai. Salah satu masalah pokok bagi suatu perusahaan industri adalah minimal mempertahankan pasar yang sudah ada bila mungkin berusaha mencari pasar baru bagi basil produksinya. Oleh karena itu salah satu sarana manajemen penting lainnya khusus bagi perusahaan industri dan umumnya bagi semua badan yang bertujuan untuk mencari adalah market/pasar.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 6:55 PM Kategori:

About & Disclamer

This site purposing to make the simple information about Online Marketing • Accounting • Online Business • Internet Marketing • Financial • E-Book • Investment • Auto Loan • Career Advice • and another information related on it. All article was searching and researching for free article and we give the original link below the post. All Material certain names, words, titles, phrases, logos, designs, graphics, icons and trademarks registered or unregistered featured on this site are owned and copyrighted by their respective companies.