RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP III)
(RPP III)
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XI
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
A. Standart
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
3. Berkomunikasi
dengan bahasa inggris setara Level Elementry
3.1. Mencatat
pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun dengan alat.
B. Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Mengerti dan memahami
pengertian gerund dan cara mengunkapkannya dalam kalimat dengan rasa ingin
tahu.
-
Mengerti dan memahami
"too and enough" dalam kalimat dengan bersungguhsungguh.
C. Materi
Pembelajaran
1.
Gerund
a.
Gerund as subjects
-
Smoking is dangerous
-
Riding motorcycle can be
enjoyable
b.
Gerund as objects
-
I don't like fishing
-
Jonny enjoys traveling so
much
c.
Gerund as complement
-
Her job is sorting the mail
-
Alice's favorite hobby is
playing badminton
d.
Gerund after preposition
-
Are you interested in
collected stamps?
-
I am sorry for coming later
2.
Construction with "too
and enough"
-
The soup is too salty for
me
-
The hotel room is
comfortable enough
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
pembahasan materi tentang gerund siswa dapat membuat kalimat berisikan gerund
yang benar.
2. Melalui
pembahasan materi tentang "too and enough" siswa dapat membuat
kalimat dengan menggunakan kata "too and enough" dengan benar.
E. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : CTL (Contextual Teaching Learning)
2. Metode :
Ceramah
F. Sumber,
Alat dan Bahan Pembelajaran
-
Buku 2 Get Along with
English for Vocational School Grade XI Elementary Level
-
Practical English Usage
-
Global Access to the World
of Work
-
Person to Person
-
English for SMK
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
(Pendahuluan)
-
Mengucapkan salam dengan
ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas;
-
Berdoa sebelum membuka
pelajaran;
-
Memeriksa kehadiran siswa;
-
Mendoakan siswa yang tidak
hadir karena sakit atau karena halangan lainnya;
-
Memastikan bahwa setiap siswa
datang tepat waktu;
-
Menegur siswa yang
terlambat dengan sopan;
-
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari.
-
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
-
Mempersiapkan cakupan
materi ajaran, model, alat peraga;
-
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
di pelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan kepada tentang gerund dan materi tentang "too dan
enough" kepada siswa.
-
Siswa mendengarkan penjelaskan guru dengan bersungguh-sungguh dan
disiplin.
-
Guru memberikan soal sebagai latihan kepada siswa.
-
Siswa mengerjakan soal dengan bersungguh-sungguh dan mandiri.
Elaborasi
-
Guru meminta siswa untuk mencoba membuat kalimat yang menggunakan gerund.
-
Guru membacakan kalimat-kalimat yang telah dibuat siswa.
-
Guru meneliti kesalahan yang ada dalam kalimat yang telah dibuat oleh
siswa.
Konfirmasi
-
Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan
presentasi.
-
Guru memberikan pujian dan penghargaan bagi para siswa yang berhasil
dengan baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
3. Kegiatan
Akhir (Penutup)
-
Guru bersama dengan siswa
membuat kesimpulan.
-
Guru memberikan informasi
tentang pembahasan yang akan di lakukan pada pertemuan selanjutnya.
Penilaian
·
Tes lisan
-
Dialog berpasangan
·
Tes tertulis
-
Melengkapi kalimat
-
Pilihan ganda
-
Membuat paragraf pendek
Contoh soal :
Task 1
1.
Try to avoid……(make) your
parents angry
2.
Tell him to stop…… (playing)
the guitar. It is late at night.
3.
I don't mind you…… (sleep)
in this room.
4.
Next year my friend, Jim,
is going to take up…… (fence)
5.
Before…… (start) the
lesson, we need to pray to God
Task 2
1.
We couldn't carry the
boxes. They were too heavy
2.
The little girl can't reach
the top shelf in the cupboard. It is too night
3.
No body could move the
cupboard. It was too heavy.
4.
Don’t eat there
avocadoes, they’re not ripe enough.
5.
I can’t explain the
situation. It’s too complicated.
Penilaian Sikap
Personal
Kriteria Penilaian :
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
Memuaskan
|
4
|
Baik
|
3
|
Cukup
|
2
|
Kurang
|
1
|
REKAPITULASI NILAI
Nilai :
Jumlah Skor : Aspek Penilaian
Untuk siswa
yang nilainya masih di bawah KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah
melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN.
Mengetahui, ………,………….2012
Dosen Pembimbing
/ Doping Guru
Pembimbing / Pamong