Dec 1, 2012

Prinsip-Prinsip Organisasi



Agar suatu organisasi dapat berjalan dengan baik, atau dalam rangka membentuk suatu organisasi yang baik perlu kita perhatikan atau pedomani beberapa azaz-azaz atau prinsip-minsip organisasi sebagai berikut :
1.      Perumusan tujuan yang jelas
2.      Pembagian kerja
3.      Delegasi kekuasaan (Delegation of authority)
4.      Jenjang kekuasaan (Rentangan kekuasaan)
5.      Tingkat-tingkat pengawasan.
6.      Kesatuan perintah dan tanggung jawab
7.      Koordinasi

Ad. 1.    Bila kita melakukan suatu aktifitas pertama-tama harus jelas apa yang menjadi tujuan aktifitas tersebut. Tujuan adalah hal-hal yang ingin dicapai atau dipelihara dengan baik berupa materi atau non materi. Tujuan berperan sebagai berikut :
1.      Pedoman, kearahmana organisasi akan dibawa.
2.      Landasan bagi organisasi yang bersangkutan
3.      Menentukan macam-macam aktivitas yang dilakukan
4.      Menentukan program, prosedur, kiss me (koordinasi, integrasi, simplikasi, sinkronisasi dan mekanisasi).

Ad. 2.    Pembagian kerja
              Dalam suatu organisasi pembagian kerja adalah keharusan mutlak dengan pembagian kerja ditetapkan sekaligus susunan organisasi (struktur organisasi) tugas dan fungsi-fungsi masing-masing unit dalam organisasi. Dalam mengadakan pembagian kerja ada beberapa dasar yang dipakai :
a.       Pembagian kerja atas dasar wilayah atau teritorial
b.      Pembagian kerja atas dasar benda yang diproduksikan
c.       Pembagian kerja atas dasar langganan yang dilayani
d.      Pembagian kerja atas dasar fungsi
e.       Pembagian kerja atas dasar waktu sehingga terdapat bagian waktu pagi, siang dan malam.
Ad. 3.    Delegasi kekuasaan adalah kelimpahan wewenang, kekuasaan atau wewenang merupakan hak seseorang untuk mengambil tindakan yang perlu agar tugas dan fungsinya dapat dilaksanakan dengan baik, yang terdiri dari berbagai aspek antara lain :
-          wewenang mengambil keputusan
-          wewenang menggunakan sumber daya
-          wewenang pemerintah
-          wewenang memakai batas waktu tertentu,

Ad. 4.    Jenjang kekuasaan atau disebut juga span of autority, span of control dalam bahasa Indonesia dipakai sebagai jenjang kekuasaan, jenjang pengawasan atau rentangan kontrol. Dengan rentangan kekuasaan yang dimaksud beberapa jumlah orang yang tepat menjadi bawahan pimpinan, sehingga pemimpin itu dapat memimpin, membimbing dan mengawasi secara berhasil guna dan berdaya guna.

ads

Ditulis Oleh : Alessandro Sitompul Hari: 6:53 PM Kategori:

About & Disclamer

This site purposing to make the simple information about Online Marketing • Accounting • Online Business • Internet Marketing • Financial • E-Book • Investment • Auto Loan • Career Advice • and another information related on it. All article was searching and researching for free article and we give the original link below the post. All Material certain names, words, titles, phrases, logos, designs, graphics, icons and trademarks registered or unregistered featured on this site are owned and copyrighted by their respective companies.