RENCANA PEMBELAJARAN PADA KELAS EKSPERIMEN
DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI
(RPP No. 2)
A. Identitas
Sekolah : SD
Mata pelajaran :
IPA
Kelas / semester : XI / Genap
Standar kompetensi : 1. Memahami
hubungan antara gaya, gerak dan
energi
serta fungsinya.
Kompetensi
Dasar : 1. Menjelaskan
pesawat sederhana yang dapat
membuat
pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
B. INDIKATOR
·
Mendemonstrasikan
cara menggunakan pesawat sederhana
·
Memahami
pengertian tentang pesawat sederhana dalam jenis bidang miring
· Menggolongkan berbagai alat rumah tangga
sebagai bidang miring
∆
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline),
Rasa hormat dan
perhatian
( respect ), Tekun (diligence ),
Tanggung
jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)
C.Materi Pokok
· Energi dan perubahannya
Materi Essensial
Pesawat sederhana
Jenis-jenis pesawat sederhana
1.
Tuas
2.
Bidang
miring
3.
Katrol
4.
Roda
D.Kegiatan Belajar
Mengajar
1. Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajaran inkuiri
2.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Metode
Pembelajaran Inkuiri
|
Waktu
|
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
Orientasi
1.
Menjelaskan tujuan pembelajaran
dan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
2. Memotivasi siswa
untuk mengikuti pelajaran.
|
1.
Mendengarkan penjelasan guru.
2.
Mendengarkan penjelasan guru.
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
1.
Merumuskan masalah
a. Apakah tujuan
penggunaan pesawat sederhana?
b. Sebutkan hubungan
pesawat sederhana dengan gaya.
c.
Pada bidang miring sebutkan
berbagai alat rumah tangga.
|
a. Masuk ke dalam
kelompok.
b. Memperhatikan
demonstrasi guru.
c. Menanggapi demonstrasi
guru.
|
35’
|
2.
Merumuskan Hipotesis
a.
Membimbing siswa untuk
mengajukan hipotesis dengan cara mengajukan pertayaan, yaitu; apakah yang
dimaksud dengan pesawat sederhana?
b. Pesawat sederhana
yang mankah sering anda lihat dalam kehidupan sehari-hari?
|
a. mengajukan
pertanyaan (statement) sebagai
jawaban sementara (hipotesis) atas pertayaan yang diajukan guru.
|
||
3.
Mengumpulkan Data
Meminta siswa
membuat simpulan sendiri tentang jenis pesawat sederhana.
|
Membuat simpulan tentang pesawat
sederhana melalui sebuah contoh konkrit..
|
||
4.
Menguji Hipotesis
Membimbing
siswa menganalisis data yang telah dihasilkan.
|
Melakukan
diskusi dalam kelompok untuk
menganalisis data hasil praktek.
|
||
5.
Merumuskan Simpulan
Membimbing siswa untuk menyimpulkan
hasil diskusi kelas.
|
Merumuskan kesimpulan berdasarkan
hasil analisis terhadap data.
|
||
Penutup
|
1. Bersama-sama dengan
siswa menyimpulkan keseluruhan materi.
2. Menugaskan siswa
untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya.
|
1.
Membuat simpulan dan mencatat.
2.
Mendengarkan perintah guru.
|
5’
|
C. Sumber Belajar
SAINS
SD Relevan kelas V.
Mengetahui Medan, April 2012 Kepala
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
_____________________ _____________________