Dec 7, 2012

SD|IPA|GENAP CONTOH RPP METODE INKUIRI



RENCANA PEMBELAJARAN PADA KELAS EKSPERIMEN
DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI
(RPP No. 3)   
A.    Identitas                          
Sekolah                                 : SD
Mata pelajaran                       :      IPA
Kelas / semester                    : XI / Genap
Standar kompetensi              : 1.  Memahami hubungan antara gaya, gerak dan
                                                           energi serta fungsinya.
      Kompetensi Dasar                 :      1. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat
                                                           membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
Alokasi Waktu                      : 2 x 45 Menit

B.     INDIKATOR
·  Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai bidang miring
·  Menyebutkan jenis katrol
·  Menyebutkan penggunaan katrol dan roda

∆ Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan
                                                                       perhatian ( respect ), Tekun (diligence ),
                                                                       Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)
C.Materi Pokok
·   Energi dan perubahannya
Materi Essensial
Pesawat sederhana
Jenis-jenis pesawat sederhana
1.        Tuas
2.        Bidang miring
3.        Katrol
4.        Roda




D.Kegiatan Belajar Mengajar
      1.   Metode Pembelajaran
            Metode pembelajaran inkuiri
2.      Kegiatan Pembelajaran

Tahap
Metode Pembelajaran Inkuiri
Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Pendahuluan
Orientasi
1.      Menjelaskan tujuan pembelajaran dan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2.      Memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran.

1.      Mendengarkan penjelasan guru.


2.      Mendengarkan penjelasan guru.
5’
Kegiatan Inti
1.      Merumuskan masalah
a.   Katrol dapat mengubah gaya coba anda  ceritakan.
b.   Katrol ada 3 macam yakni bebas, tetap dan majemuk. Jelaskan penggunaan ketiga katrol tersebut.

a.       Masuk ke dalam  kelompok.
b.      Memperhatikan demonstrasi guru.
c.       Menanggapi demonstrasi guru.


35’
2.      Merumuskan Hipotesis
a.       Membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis dengan cara mengajukan pertayaan, yaitu; apakah yang dimaksud dengan pesawat sederhana?
b.      Pesawat sederhana yang mankah sering anda lihat dalam kehidupan sehari-hari?

a.  mengajukan pertanyaan (statement) sebagai jawaban sementara (hipotesis) atas pertayaan yang diajukan guru.





3.      Mengumpulkan Data
Meminta siswa membuat simpulan sendiri tentang jenis pesawat sederhana.


Membuat simpulan tentang pesawat sederhana melalui sebuah contoh konkrit..
4.      Menguji Hipotesis
Membimbing siswa menganalisis data yang telah dihasilkan.
Melakukan diskusi dalam kelompok untuk menganalisis data hasil praktek.

5.      Merumuskan Simpulan
Membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil diskusi kelas.

Merumuskan kesimpulan berdasarkan hasil analisis terhadap data.
Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan keseluruhan materi.
2.      Menugaskan siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya.
1.      Membuat simpulan dan mencatat.
2.      Mendengarkan perintah guru.
5’


C.    Sumber Belajar
      SAINS SD Relevan kelas V.


                          Mengetahui                                  Medan,     April 2012 Kepala
                      Kepala Sekolah                                     Guru Mata Pelajaran




               _____________________                           _____________________

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 10:59 PM Kategori:

About & Disclamer

This site purposing to make the simple information about Online Marketing • Accounting • Online Business • Internet Marketing • Financial • E-Book • Investment • Auto Loan • Career Advice • and another information related on it. All article was searching and researching for free article and we give the original link below the post. All Material certain names, words, titles, phrases, logos, designs, graphics, icons and trademarks registered or unregistered featured on this site are owned and copyrighted by their respective companies.