RENCANA PEMBELAJARAN PADA KELAS EKSPERIMEN
DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI
(RPP No. 6)    
A.    Identitas                           
Sekolah                                 : SD
Mata pelajaran                       :
     IPA
Kelas / semester                    : XI / Genap
Standar kompetensi              : 1.  Memahami
hubungan antara gaya, gerak dan
                                                           energi
serta fungsinya.
      Kompetensi
Dasar                 :      1. Menjelaskan
pesawat sederhana yang dapat
                                                           membuat
pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
Alokasi Waktu                      : 2 x 45 Menit
B.     INDIKATOR 
·  Siswa dapat Menyebutkan bidang miring
· 
Siswa
dapat Menyebutkan jenis katrol
·  Siswa dapat Menyebutkan penggunaan katrol dan roda
∆
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline),
Rasa hormat dan
                                                                       perhatian
( respect ), Tekun (diligence ), 
                                                                       Tanggung
jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)
C.Materi Pokok
·   Energi dan perubahannya
Materi Essensial
Pesawat sederhana
Jenis-jenis pesawat sederhana
1.       
Tuas
2.       
Bidang
miring
3.       
Katrol
4.       
Roda
D.Kegiatan Belajar
Mengajar
      1.   Metode
Pembelajaran
            Metode
pembelajaran inkuiri
2.     
Kegiatan Pembelajaran
| 
Tahap
   | 
Metode
  Pembelajaran Inkuiri  | 
Waktu
   | |
| 
Kegiatan
  Guru | 
Kegiatan
  Siswa | ||
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
1.     
  Menjelaskan tujuan pembelajaran
  dan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mencapai tujuan
  pembelajaran. 
2.      Memotivasi siswa
  untuk mengikuti pelajaran. | 
1.     
  Mendengarkan penjelasan guru. 
2.     
  Mendengarkan penjelasan guru. | 
5’ | 
| 
Kegiatan Inti | 
1.     
  Merumuskan masalah 
a.   Sebutkan nama benda
  bidang miring 
b.   Jelaskan kelemahan
  dan keunggulan bidang miring. 
c.   Jenis-jenis katrol
  dan roda penggunaanya. | 
a.       Masuk ke dalam  kelompok. 
b.      Memperhatikan demonstrasi guru. 
c.       Menanggapi demonstrasi guru. | 
35’ | 
| 
2.     
  Merumuskan Hipotesis 
a.      
  Membimbing siswa untuk
  mengajukan hipotesis dengan cara mengajukan pertayaan, yaitu; apakah yang
  dimaksud dengan pesawat sederhana? 
b.      Pesawat sederhana
  yang mankah sering anda lihat dalam kehidupan sehari-hari? | 
a.  mengajukan
  pertanyaan (statement) sebagai
  jawaban sementara (hipotesis) atas pertayaan yang diajukan guru. | ||
| 
3.     
  Mengumpulkan Data 
Meminta siswa
  membuat simpulan sendiri tentang jenis pesawat sederhana. | 
Membuat simpulan tentang pesawat
  sederhana melalui sebuah contoh konkrit.. | ||
| 
4.     
  Menguji Hipotesis 
Membimbing
  siswa menganalisis data yang telah dihasilkan. | 
Melakukan
  diskusi dalam kelompok untuk
  menganalisis data hasil praktek. | ||
| 
5.     
  Merumuskan Simpulan 
Membimbing siswa untuk menyimpulkan
  hasil diskusi kelas. | 
Merumuskan kesimpulan berdasarkan
  hasil analisis terhadap data. | ||
| 
Penutup  | 
1.      Bersama-sama dengan
  siswa menyimpulkan keseluruhan materi. 
2.      Menugaskan siswa
  untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya. | 
1.     
  Membuat simpulan dan mencatat. 
2.     
  Mendengarkan perintah guru. | 
5’ | 
C.    Sumber Belajar
      SAINS
SD Relevan kelas V.
                          Mengetahui                                  Medan,     April 2012 Kepala
                      Kepala
Sekolah                                     Guru
Mata Pelajaran
               _____________________                           _____________________
 
